Manfaat Madu Untuk Kesehatan

Manfaat Madu Untuk Kesehatan

madu hutan medan



Bukti ilmiah modern menandakan akan kandungan dan manfaat madu. Madu mengandung beraneka macam bagian nutrisi yang amat berkhasiat bagi kesehatan manusia, merupakan karbohidrat, asam amino, mineral, enzim, vitamin, air, dan zat-zat organik lainnya. Madu beberapa besar mengandung karbohidat berupa gula glukosa dan fruktosa, yang telah terang berbeda dengan gula pada gula pasir atau gula aren. 


Kandungan gula pasir atau aren beberapa besar merupakan gula sukrosa. Supaya bisa diresapi tubuh dengan bagus, sukrosa mesti lewat pelaksanaan pencernaan walaupun gula pada madu bisa seketika diresapi darah. Poin kalori madu amat besar. Untuk setiap kg madu mengandung 3.280 kalori, seimbang dengan jumlah kalori 50 butir telor ayam atau 5,7 liter susu.

madu untuk kesehatan


Madu kaya akan mineral penting (K, Ca, Fe, I, Na, S, Cl, P, Mn, Mg) sehingga madu berguna supaya tubuh konsisten bugar. Madu juga mengandung asam lemak vitamin B komplek (selain B1), D, E dan K serta beraneka ragam enzim. Kandungan garam mineral madu serupa dengan kandungan garam mineral dalam darah manusia. Zat besi Fe pada madu bisa meningkatkan jumlah eritrosit darah dan meningkatkan kadar hemoglobin. 

Asetil kolin dalam madu bisa melancarkan metabolisme seperti memperlancar sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah. Ada beraneka macam enzim seperti diastase, invertase, katalase, peroksidase, dan lipase pada madu yang menolong pelaksanaan pencernaan sehingga memperlancar metabolisme. 

Di dalam madu masih terkandung biose atau zat pengatur tumbuh yang mempercepat pertumbuhan akar, tunas, serta pembuangan pada tanaman. Madu juga mengandung zat antibakteri yang berkhasiat untuk menolong mempercepat pulihnya jaringan yang luka serta mencegah infeksi.

Pada madu terdapat vitamin B2 dan B6 yang berperan dalam metabolisme protein dan mencegah penyakit kulit. Ada pula B3 (asam pantotenat) dan H (biotin) yang berperan dalam metabolisme lemak dan protein serta menghalangi penyakit kulit seperti eksim dan herpes. Madu mengandung anti kuman dan bersifat higrokopis (menarik air dari lingkungan), sehingga bisa diaplikasikan sebagai kompres luka luar dampak infeksi dan luka yang bersifat berair akan lebih pesat kering. Zat antibakteri yang terdapat dalam madu merupakan hidrogen peroksida dan juga senyawa flavonoid (secara khusus asam caffeat, asam ferulat).

Madu mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan yang bisa mencegah kulit keriput atau penuaan dini. Kian gelap warna madu karenanya kian besar kandungan anti oksidannya (senyawa fenol). Zat antibakteri dalam madu bisa menyembuhkan jerawat. Hidrogen feroksida juga amat tepat sasaran untuk membersihkan kulit. Kecuali sebagai gizi kulit, madu sebagai pelembab natural kulit dan berperan dalam perawatan rambut. Ini rupanya, sudah dipakainya madu pada produk perawatan kulit dan rambut. Pada madu terdapat juga hormon gonadotropin yang bermanfaat bagi kesuburan reproduksi, serta beraneka senyawa penting lainnya yang amat bermanfaat bagi kesehatan kita.

Karakteristik Madu

Karakteristik madu berbeda-beda tergantung macam atau asal nektar bunga yang dikumpulkan lebah. Dari perbedaan asal nektar bunga hal yang demikian akan menjadikan warna, rasa, kekentalan, dan wewangian yang berbeda-beda pula. Warna madu berkisar dari water white (jernih) sampai dark amber (cokelat gelap kehitaman). Meski rasanya, kian gelap warna madu akan menjadikan rasa yang kian kuat. Kekentalan madu di pengaruhi oleh kadar air, temperatur penyimpanan, serta asal nektar bunga. Semacam juga dengan wewangian, wewangian akan kian tajam dengan kian gelapnya warna madu.

Tidak jarang terjadi, madu yang disimpan relatif lama (pada temperatur ruang) akan mengkristal atau dan muncul suatu endapan, sedangkan madu hal yang demikian terjamin keautentikannya. Pengkristalan madu terjadi sebab adanya perubahan kadar gula dampak fermentasi dan hidrolisis sukrosa oleh enzim invertase. Kesudahannya kadar glukosa lebih tinggi dari fruktosa, kemudian glukosa mengkristal dalam larutan madu. Pengkristalan dapat terjadi pada seluruh macam madu, secara khusus madu karet. Adapun pelaksanaan pengendapan, merupakan timbul endapan warna kuning terjadi sebab perbedaan berat macam madu dari sumber nektar yang berbeda. Kejadian hal yang demikian yaitu pelaksanaan natural, melainkan tak berlaku pada seluruh macam madu. Umumnya yang mengalami pengendapan merupakan madu kaliandra.

Metode Mengenal Kesahihan MADU

Di pasaran, kadang ditemukan madu palsu. Bagaimanakah sistem mengenal ciri madu murni?. Ada sebagian sistem gampang yang berkembang di masyarakat untuk mengetes kesahihan madu. Observasi kiat berikut ini.

Dengan meneteskannya pada selembar kertas koran, karenanya madu orisinil akan lebih susah terserap oleh kertas koran.

Simpan madu dalam kantong plastik, madu orisinil akan menggembung menyusun gas.

Dengan mengolesi kepala (sulfur) korek api dengan madu, apabila madu hal yang demikian merupakan madu orisinil, karenanya sesudah bersela minimal satu jam, korek api akan konsisten dapat menyala.

Dengan sistem mencampur 1 sdm madu dengan kuning telor ayam mentah, apabila kuning telor jadi mengental/mengkristal berbiji atau matang karenanya madu hal yang demikian merupakan madu orisinil.

Simpanlah madu dalam freezer lemari es, madu yang orisinil tak akan membeku, walau akan menjadi lebih kental melainkan tak beku/padat.

Namun sistem-sistem hal yang demikian bukanlah sistem baku yang dengan pasti bisa memastikan kesahihan madu. Sebab dengan teknologi pencampuran dan pemalsuan bisa dijadikan madu palsu yang mirip sekali dengan madu orisinil. Ada pula yang percaya madu orisinil tak akan dikerumuni semut. 

Semut yaitu salah satu hama yang bisa menyerang sarang lebah madu, dan memakan madu. Jadi tak benar apabila semut tak akan mengerumuni madu orisinil/murni. Sekiranya semut tak mengerumuni madu, dapat disebabkan oleh rasa madu yang tak disukai (madu pahit) atau wewangian yang tajam menyengat.

Di lab madu palsu akan amat gampang dikenal menurut hasil analisis kandungan HMF (5 hydroxy methyl furfural) dengan jumlah maksimum 3mg/100 gr, kadar air maksimum 22%, kegiatan enzim diastase min.5 serat rasio kalium dan Natrium merupakan sekitar 4, kadar gula (Fruktosa dan glukosa) minimal 60%. HMF yaitu hasil pemecahan glukosa dan fruktosa.

Resep Madu untuk Kesehatan

Cobalah resep-resep madu berikut ini supaya Anda bisa memanfaatkan khasiat madu seoptimal mungkin.

Pisang ambon dicampur dengan madu dan susu yaitu makanan bayi yang bagus dan menyehatkan.
Pisang (macam pantas selera) dilibaskan, dicampur dengan segelas air kelapa muda dan sedikit madu kemudian disaring. Air hasil filter berguna bagi penderita campak dan TBC.

Ragam tetes sari buah pepaya dicampur madu berguna memperlancar air susu ibu.
Pepaya dicampur madu dan susu yaitu tonikum yang bagus untuk pertumbuhan si kecil, wanita hamil dan menyusui.
Jeruk peras ditambah madu bisa memecahkan gangguan jantung.

Segelas air ditambah air jeruk, sedikit garam dan satu sendok makan madu, berguna untuk penderita TBC, asma, masuk angin dan bronchitis.
Air kelapa ditambah sedikit madu berguna untuk menghapuskan dampak buruk dari gairah sex yang berlebihan.

Segelas penuh sari mentimun dicampur satu sendok teh madu dan satu sendok teh sari jeruk nipis berkhasiat untuk memperlancar membuang air kecil, memecahkan keracunan dikala hamil dan kencing yang sedikit dampak kurang cairan.

Madu yang diaplikasikan dapat madu apa saja pantas selera, melainkan sebaikya disesuaikan dengan tujuan penerapan dan khasiat khusus madu. Sebagai model untuk skor 1, sebaiknya pakai madu kapuk randu, untuk skor 8, pakai madu klengkeng atau madu rambutan

0 komentar :

 
Copyright © 2018. Jual Madu Hutan Asli di Medan